SULAIMAN Weblog

Waspadalah dengan Keindahan

Posted on: September 23, 2008


    Keindahan bukan musuh, ancaman atau gangguan bagi manusia, bahkan mendatangkan kesenangan, karena salah satu naluri manusia adalah cinta akan keindahan.  Dan yang membuat ramai dunia ialah setiap orang memiliki nilai keindahan yang berbeda. Orang yang suka akan yang tinggi akan memandang “gedung pencakar langit” adalah indah, orang yang suka akan yang pendek akan memandang “pohon bonsai” adalah indah, dan demikian seterusnya. Hal ini menjadi salah satu faktor penting yang diperhitungkan oleh setiap produsen dalam upaya untuk merebut pasar, maka akan selalu muncul produk-produk baru yang lebih indah, lebih cantik, lebih elegen, lebih menarik.

     Manusia akan berusaha untuk memperoleh, memperebutkan  bahkan memonopoli semua yang indah-indah, dan kalau perlu akan dibelinya dengan harga yang mahal sekalipun, oleh sebab itu setiap ada lelang barang seni yang antik akan ramai pengunjung, ini salah satu bukti dari keserakahan manusia akan keindahan. Sepatutnya kita waspada terhadap  pencurian barang-barang peninggalan budaya bangsa kita yang nilai seninya tiada terhingga.

     Ada orang  yang selalu memperebutkan cintanya yang indah, meskipun telah beristeri, dia masih mencari isteri kedua, ketiga, dan seterusnya. Mungkin perkawinan poligami lebih baik dari narkoba, perjudian, atau perselingkuhan.  Sepatutnya kita waspada terhadap pembunuhan dengan motif cinta dan cemburu, ini pernah terjadi pada Habil dan Qabil anak-anaknya nabi Adam AS.

     Ada orang  yang lebih mencintai keindahan dan membenci kejelekan, jika suatu barang menjadi luntur atau berubah jadi jelek, langsung dibuangnya di tempat loakan, dan mencari barang yang  lebih baru dan lebih indah.  Tetapi jika isterinya semakin tua, semakin jelek, semakin keriput dan sakit-sakitan, lalu diceraikan dan mencari isteri baru yang lebih cantik dan lebih segar. Sepatutnya kita waspada akan azab tuhan, sebab Allah membenci orang-orang yang hobinya kawin cerai.

     Banyak upaya menjaga keindahan dan mempercantik diri, maka salon kecantikan ramai dimana-mana, demikian pula operasi plastik dan perdagangan asessoris kecantikan lainnya. Memang kenyataannya wanita cantik relatif  “lebih cepat laku” dibandingkan yang jelek. Bagi yang merasa dirinya jelek secara lahiriah, jangan berkecil hati dan jangan merasa rendah diri, sebab ukuran cantik dan jelek  sifatnya relatif.

     Sepatutnya wanita cantik waspada, karena lebih banyak yang ingin memanfaatkannya untuk maksud-maksud yang kurang baik.  Dan sepatutnya laki-laki waspada terhadap wanita yang cantik menawan, namun bulu matanya palsu, alisnya palsu, rambutnya palsu, hidungnya palsu, dan lain-lain anggota tubuhnya palsu, maka besar kemungkinan cintanya juga palsu.

     Keindahan membuat siapa saja terlena, yang diliputi oleh rasa senang dan rasa asyik, kalau sudah sampai lupa waktu, lupa tempat karena saking asyiknya merasakan keindahan, dapat membuat seseorang lalai. Kita perlu waspada jangan sampai lalai akan tugas dan kewajiban sehari-hari, salah satu cara untuk meningkatkan kewaspadaan adalah dengan berpuasa, sebab dengan berpuasa ada semacam “dimensi jarak” dengan semua hal yang bersifat duniawi dan pengaruh “silaunya keindahan” menjadi sirna. Semoga kita semua dalam lindungan ilahi.  

24 Tanggapan to "Waspadalah dengan Keindahan"

kalo kata mas zaenal “…pertamax…!” gituuu

mengenai keindahan, semua wanita pasti ingin cantik dan ingin cantiknya diakui oleh orang2 (tidak cukup dirinya sendiri, jadi kalo diri merasa cantik tp orang lain nggak, ya gak ada gunanya). Sehingga kami rajin merawat diri seperti ke salon atau ke pusat kebugaran (pengalaman pribadi nih) hehhe

tapi Insya Allah apa yang ada di saya masih asli kok pak Leman walaupun mungkin ada sedikit yang dipoles sana sini hihihi..
makasih nasehatnya

iya pak, kudu waspada.. Yang indah menurut kita, belum tentu baik, dan vice versa lah..
Btw, maap nih, tulisan ‘ilahi’-nya yang di postingan tsb, tolong supaya di-edit, jadi Illahi..🙂 .. Mks..

wah bagus nih tulisan…kita jadi inget ma keindahan dunia, semuanya memang untuk dunia. tapi kalu sudah masuk ke alam kubur apa yang kita banggakan untuk keindahan…kain kapan yang paling mahal pun tidak akan terlihat indah.

/hmt : Keindahan memang harus dijaga, tapi kecantikan wanita belum tentu menunjukan keindahan seseorang…maih ada kok yang nyari keindahaan hatinya🙂

Indah itu…………….

tetanggaku………………..

hehehehehe

keindahan yang semu, keindahan di senangi merupakan sifat alami manusia sih klo saya pikir

yah, kita kudu waspada godaan syaiton yang seringkali melenakan.

men9″amin’Kan line teraKhirnsemo9a ALLAH meLindun9i kiTa seMua..

keinDahan ituH peRlu,be9itu ju9a untUk peraWaTan ragawi,tapi ituh diperseMbahkan hanya untuk suami tercInta buKan untUk y9 laIn hehehhe…[biar nda beRpalin9 swaminya hehehh]

Keindahan terkadang dapat membutakan mata kita….

Ya…, kadang keindahan bisa membuat orang menjadi tidak berpikir jernih padahal mungkin keindahan itu hanya tuk sementara..

Puasa memang salah satu cara supaya kita bisa mengontrol emosi…

O…ya, Makasih yah sudah berkenan mampir🙂

saya senang dengan keindahan,
baca tulisan-tulisan di blog bapak yang sangat indah,
tapi yang pasti,
saya senang dengan indah my wife

Salam kenal dari Rofik(Umat Rasul)
……
Tidaklah ada keindahan yang di dunia ini kecuali FataMorgana saja. Sedangkan Keindahan Akhirat Jauh lebih baik dari pada keindahan dunia yang fana nie…
Mata belum pernah melihat, Fikir belum mampu memikirkan….
Dunia Sementara Akhirat Selama-lamanya Ingin Bahagia Amalkan agama dengan Sempurna sesuai yang Rasulullah SWT contohkan.

Bagi pengagum keindahan, suka keindahan sah2 saja, bahkan Allah juga menyukai keindahan namun keindahan yang semestinya. Misalnya seorang istri memelihara keindahan tubuhnya dengan niat untuk menyenangkan suaminya. Jadi yang penting menjaga niat terbaiknya. Dan tetap memelihara dan menghargai karunia yang dibarikan oelh Allah, misalnya bedah hidung agar mancung😀

koreksi,tambahan komentar diatas : bukan mengganti hal indah yg diberikan oleh Allah misalnya bedah hidung agar mancung (maksud tulisan diatas)

keindahan tak selalu membuat kita bahagia

tak sedikit orang tergoda dengan keindahan tapi malah terjerumus ke hal-hal yang negatif….

Benar-benar indah jika waspada…

Keindahan dunia itu tidak kekal, maka jangan memujanya…

Waspadalah…waspadalaaahh…*ikutin gaya bang Napi*😀

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum wr wb

Selamat hari Raya Idul Fitri 1429 H.

Mohon maaf atas semua salah, khilaf, tulisan yang menyakitkan hati, menyinggung perasaan, serta bersitan-bersitan hati yang pernah berprasangka.

Semoga Allah SWT menyempurnakan pahala ibadah kita di bulan Ramadhan tahun ini.

Semoga Allah SWT selalu mencurahkan hidayahnya, agar kita mampu meningkatkan kualitas ibadah kita pada Nya.

Semua komentar yang masuk bagus, semoga seindah hatinya, kepada @ arifrahmanlubis selamat Idul Fitri dan mohon maaf lahir dan batin.

terima kasih kepada @ ariefdj, atas sarannya, menuruh hemat saya ilahi berasal dari kata arab الهي tidak ada tasydidnya penulisannya seharusnya ilaahii, kata serapannya disesuaikan menjadi ilahi, berbeda dengan billahi yang asalnya بالله ada tasydidnya di tulis billahi

keindahan itu sebagian dari iman, jadi keindhan itu tidak selamanya berbahaya. jika iman yg indah di takuti….gimana jadinya iman yg tdk indah..??????

kebersihan sebagian dari iman, kebersihan akan membuat sesuatu jadi indah. walaupun intan permata itu indah kalau tertutup kotoran tidak terlihat keindahannya. wanita cantik kalau hatinya kotor, jahat, judes, sombong dll akan tidak terlihat kecantikannya. Sebaliknya kalau wanita jahat tapi pandai bermanis muka, kata-katanya ramah, maka ada kemungkinan laki-laki tertipu. setelah menikah baru menyesal, karena tidak sabar akan kejelekan dan kejahatan isterinya. haruskah menikah lagi?

@ emmatrg, sebaiknya kita mewaspadai dampak dan efek samping dari keindahan, kalau masalah iman bersifat khusus dan sangat pribadi, dan iman harus (mungkin wajib)dipandang indah oleh setiap individu menurut agamanya masing-masing. (jadi, Iman tidak boleh dipandang tidak indah) maaf perbedaannya tidak dibahas karena menyangkut masalah SARA.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

September 2008
S S R K J S M
« Agu   Okt »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Arsip

Makna Lagu Kebangsaan

PEMERINTAHAN YANG BERDAULAT MENURUT PANC

Meninjau Dampak Pendidikan Secara Umum

Pernikahan seorang Kiai

Mengenang Penjajahan di Indonesia

HUKUM PUASA : WAJIB DAN TIDAK WAJIB

NEGARA KERAJAAN ATAU REPUBLIK : SUATU PE

Dampak Penetrasi Budaya

Romantika Kumbang Jalang

Nasionalisme Bebas atau Sempit

Dinamika Perkembangan Suatu Bahasa

Miskomunikasi Salah Satu Sumber Bencana

RUMUS PERKALIAN DALAM PEMBUKTIAN SOSIAL

Cinta Palsu atau Dusta ?

MENDAMBAKAN KEABADIAN DALAM KEHIDUPAN

RENUNGAN DI HARI KEMERDEKAAN RI KE 64

Waspadalah dengan Keindahan

SOSIALISASI PEMILU 2009

Apa Urgensinya Golput (Golongan Putih) ?

Awal Halal bi Halal

Mengenali Tuntutan Pekerjaan untuk Kesejahteraan

Program SMP Terbuka Berbasis TIK

MENGENANG KH ABDURRAHMAN WAHID

CINTA MANUSIA KEPADA TUHAN (bagian 1)

CINTA MANUSIA KEPADA TUHAN (bagian 2)

Pertarungan Tiada Akhir (Bagian Pertama)

Pertarungan Tiada Akhir (Bagian Kedua)

Semacam Samsat : Saran untuk Pelayanan Umum

Melalui Tangan, bukan Hati atau Pikiran

Selamat Idul Fitri 1429

DOA PERINGATAN HARI KEMERDEKAAN KE-65 TA

Sekali, maka Selamanya …

Tragedi Wafatnya Ketua DPRD SUMUT

Selamat Hari Raya Iedul Fitri 1430 H

Wahai Maha Penyayang : Doa Ramadlan 1430

Haruskah………….. semakin banyak?

Sepuluh November : Sebuah Kenangan

PERAYAAN 10 MUHARRAM

Bagaimana kalau … asal ?

Pemilu : Pilih Siapa ? Apa Kriterianya?

MENTALITAS KERJA RAYAP

Ramadlan dan Persatuan

SAFARI RAMADLAN, TAKBIR DAN RALLY LIAR

صوت الأعزب العجوز

جدة رنين

(العربية و الإندونيسية لكم : المفردات –

(العربية و الإندونيسية لكم : المفردات –

العربية و الإندونيسية لكم : الرقم ۱ - •

العربية و الإندونيسية لكم : المفردات -٢

(العربية و الإندونيسية لكم : المفردات –۱

(۱)العربية و الإندونيسية لكم : المفردات

(العربية و الإندونيسية لكم : المفردات –۱

العربية و الإندونيسية لكم : المفردات - ٣

العربية والإندونيسية لكم : النحو-١

العربية و الإندونيسية لكم : النحو - ٢

Kekuatan


Site Web Strength is 3.4/ 10
What is yours
Web Strength?

Pembaca mencapai

  • 174,033 orang
%d blogger menyukai ini: