SULAIMAN Weblog

Program SMP Terbuka Berbasis TIK

Posted on: Agustus 24, 2009


Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Bambang Sudibyo, meresmikan program rintisan pembelajaran berbasis teknologi informatika dan komunikasi (TIK) di tiga SMP Terbuka Perintis

Ketiga SMP Terbuka Perintis berbasis TIK yang diresmikan Mendiknas tersebut adalah SMP Terbuka 55 Tanjung Priuk Jakarta, SMP Terbuka 1 Malang, dan SMP Terbuka Kadanghaur Indramayu

Peresmian pencanangan Program Pembelajaran Berbasik TIK pada SMP Terbuka, di Gedung A, Plaza Depdiknas, Kamis (20/8).  1)

Ini adalah suatu langkah maju yang mulai dirintis oleh pemerintah, akan tetapi untuk mencapai ”Kemandirian yang akan mengantarkan siswa siswi pada daya saing, inovasi, meningkatkan kreativitas”  masih perlu diikuti oleh langkah-langkah berikut  :

1.  Tutorial lengkap sesuai dengan kebutuhan siswa

Dalam upaya menjadikan peserta didik subyek pembelajaran bukan obyek pengajar, pada usia smp harus dipertimbangkan masak-masak, bahwa mereka “sangat mudah meniru” dan “sangat mudah ikut-ikutan”.  Contohnya :  Dalam kasus Tawuran mereka tetap ikut-ikutan, walaupun sudah banyak yang meninggal dunia, tapi tetap terjadi, potensi untuk terjadinya tawuran terdapat pada setiap sekolah, dimana-mana.

Dalam pencarian di alam maya, mereka bisa kesasar kemana-mana, atau malah membuka situs-situs yang tidak mendidik, kemungkinan besar mereka meniru dan ikut-ikutan, oleh karena itu sangat diperlukan adanya tutorial yang lengkap, arahan yang pasti, dan instruksi yang jelas, harus bagaimana, dan harus mengerjakan apa, agar mereka tidak kesasar dan kebutuhan meningkatkan pengetahuan dan berbagai keterampilan dapat terpenuhi.

Perhitungan antara beban pelajaran pada kurikulum, waktu mereka belajar dan dampak negatif dari informasi komunikasi harus dipertimbangkan, monitoring pihak guru atas setiap hasil pekerjaan setiap anak harus diperiksa dengan ketat, tentu mereka harus berfikir orisinil bukan copy-paste, bukan plagiat,  agar tujuan pendidikan tercapai dengan terarah, efektif dan efisien sehingga menjadi pribadi yang mandiri, berinovasi, berdaya saing dan berkreatifitas.

2.  Tersedianya “perpustakaan alam maya” (E-library) terpusat, yang dapat diakses setiap saat

Dalam setiap pelajaran diperlukan adanya referensi dan perpustakaan sesuai dengan kebutuhan pendidikan, yang dapat diakses setiap saat, dan semua ini tentu sangat membantu peserta didik, sehingga dapat belajar lebih mandiri.

Manfaat dari E-library terpusat, antara lain :

a.    Mereka tidak usah membeli buku,yang setiap tahun selalu berubah. Dan hal ini tentu merupakan penghematan biaya pendidikan.

b.   Mereka tidak perlu memimjam buku ke perpustakaan setiap dibutuhkan, tapi cukup mengakses di internet, hal ini tentu menghemat waktu dan tidak ada resiko keterlambatan mengembalikan buku yang dipinjam.

c.    Semua hasil karya siswa, berupa hasil penelitian, penemuan dan lain-lain, dapat dijadikan bahan untuk memperkaya E-library dan dengan adanya E-library terpusat, maka akan mudah memonitor jika adanya plagiat, atau adanya upaya copy-paste.

3.  Kegiatan selingan (ekstra kurikuler) sekaligus sosialisasi.

Menjadikan peserta didik sebagai subyek pembelajaran adalah memperlakukan mereka sebagai manusia, yang memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan, serta memiliki intelek dan berbagai emosi.  Kalau mereka selalu bekutat di depan komputer, tentu mereka  akan mengalami kebosanan dan kejenuhan, maka diperlukan adanya kegiatan selingan, berupa kegiatan ekstra kurikuler yang wajib diikuti, yang dilaksanakan pada waktu-waktu tertentu, antara lain meliputi :

a.    Adanya kerjasama dengan media televisi, sehingga pada waktu tertentu siswa diwajibkan menonton televisi dari suatu stasiun televisi, yang acaranya sudah diatur sesuai dengan pelajaran yang sedang berjalan.

b.   Adanya kerjasama dengan media radio,  sehingga pada waktu tertentu siswa diwajibkan mendengarkan radio dari suatu stasiun radio, yang acaranya sudah diatur sesuai dengan pelajaran yang sedang berjalan.

c.    Adanya kerjasama dengan bioskop, sehingga pada waktu tertentu siswa diwajibkan untuk menonton di suatu bioskop, yang acaranya sudah diatur sesuai dengan pelajaran yang sedang berjalan.

d.    Adanya kerjasama dengan suatu kelompok masyarakat, sehingga pada waktu tertentu siswa diwajibkan untuk ikut melaksanakan praktek kerja lapangan, dan berbaur dengan masyarakat, untuk menanamkan jiwa sosial dan melatih kemampun bersosialisasi pada tiap individu, sebab umumnya mereka yang berkutet dengan di depan komputer kurang bersosialisasi.

e.    Adanya kunjungan ke tempat-tempat bersejarah, seperti museum, tempat-tempat napak tilas, atau meninjau peninggalan-peninggalan perjuangan, untuk menanamkan jiwa kebangsaan, dan rasa nasionalisme, tentu didampingi oleh guru pendamping yang mampu menjelaskan semuanya secara  lengkap. Kegiatan kunjungan ini tentu harus didukung oleh semua pihak, sehingga biayanya lebih murah khusus untuk mereka, dan diawasi dengan ketat oleh semua pihak, agar jangan sampai ada yang nebeng atau numpang pelesiran.  (jangan sampai mereka pandai dan trampil tapi jiwa kebangsaannya rendah, dan nasionalismenya rendah)

Semua kegiatan selingan ini adalah sekaligus merupakan kegiatan sosialisasi terus-menerus kepada masyarakat umum, apalagi bila selalu dipublikasikan, sehingga masyarakat bisa mengikuti perkembangan program ini, yang lebih penting adalah masyarakat lebih mengetahui, lebih mengenal dan diharapkan akan ikut partisipasi dalam memajukan program SMP Terbuka Berbasis TIK ini.

–  –  Semoga sukses program ini dan bertambah maju negara kita  – –

1) lihat :  http://www.indonesia.go.id/id/index.php?option=com_content&task=view&id=10699&Itemid=700

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Agustus 2009
S S R K J S M
« Jul   Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Arsip

Makna Lagu Kebangsaan

PEMERINTAHAN YANG BERDAULAT MENURUT PANC

Meninjau Dampak Pendidikan Secara Umum

Pernikahan seorang Kiai

Mengenang Penjajahan di Indonesia

HUKUM PUASA : WAJIB DAN TIDAK WAJIB

NEGARA KERAJAAN ATAU REPUBLIK : SUATU PE

Dampak Penetrasi Budaya

Romantika Kumbang Jalang

Nasionalisme Bebas atau Sempit

Dinamika Perkembangan Suatu Bahasa

Miskomunikasi Salah Satu Sumber Bencana

RUMUS PERKALIAN DALAM PEMBUKTIAN SOSIAL

Cinta Palsu atau Dusta ?

MENDAMBAKAN KEABADIAN DALAM KEHIDUPAN

RENUNGAN DI HARI KEMERDEKAAN RI KE 64

Waspadalah dengan Keindahan

SOSIALISASI PEMILU 2009

Apa Urgensinya Golput (Golongan Putih) ?

Awal Halal bi Halal

Mengenali Tuntutan Pekerjaan untuk Kesejahteraan

Program SMP Terbuka Berbasis TIK

MENGENANG KH ABDURRAHMAN WAHID

CINTA MANUSIA KEPADA TUHAN (bagian 1)

CINTA MANUSIA KEPADA TUHAN (bagian 2)

Pertarungan Tiada Akhir (Bagian Pertama)

Pertarungan Tiada Akhir (Bagian Kedua)

Semacam Samsat : Saran untuk Pelayanan Umum

Melalui Tangan, bukan Hati atau Pikiran

Selamat Idul Fitri 1429

DOA PERINGATAN HARI KEMERDEKAAN KE-65 TA

Sekali, maka Selamanya …

Tragedi Wafatnya Ketua DPRD SUMUT

Selamat Hari Raya Iedul Fitri 1430 H

Wahai Maha Penyayang : Doa Ramadlan 1430

Haruskah………….. semakin banyak?

Sepuluh November : Sebuah Kenangan

PERAYAAN 10 MUHARRAM

Bagaimana kalau … asal ?

Pemilu : Pilih Siapa ? Apa Kriterianya?

MENTALITAS KERJA RAYAP

Ramadlan dan Persatuan

SAFARI RAMADLAN, TAKBIR DAN RALLY LIAR

صوت الأعزب العجوز

جدة رنين

(العربية و الإندونيسية لكم : المفردات –

(العربية و الإندونيسية لكم : المفردات –

العربية و الإندونيسية لكم : الرقم ۱ - •

العربية و الإندونيسية لكم : المفردات -٢

(العربية و الإندونيسية لكم : المفردات –۱

(۱)العربية و الإندونيسية لكم : المفردات

(العربية و الإندونيسية لكم : المفردات –۱

العربية و الإندونيسية لكم : المفردات - ٣

العربية والإندونيسية لكم : النحو-١

العربية و الإندونيسية لكم : النحو - ٢

Kekuatan


Site Web Strength is 3.4/ 10
What is yours
Web Strength?

Pembaca mencapai

  • 174,033 orang
%d blogger menyukai ini: